Intip Tugas Panitia Perpisahan Sekolah dan Tips Suksesnya!

19.38
Quipperian, ketika perpisahan sekolah sudah di depan mata, perasaan haru campur bahagia melebur jadi satu. Bahagia karena akhirnya perjuangan belajar kamu menuai hasil yang memuaskan, haru turut menjadi satu karena harus berpisah dengan teman-teman tercinta. Kenangan manis dan momen bertahun-tahun bareng sahabat pun akan segera berakhir.
Perpisahan sekolah menjadi salah satu momen paling penting dalam hidupmu. Meski hanya beberapa hari saja, tapi perpisahan sekolah merupakan momen yang akan kamu kenang seumur hidup.
Umumnnya, perpisahan sekolah mempunyai konsep yang beragam. Ada sekolah yang merayakan perpisahan sekolah dengan acara pentas seni, menggelar acara musik dan ragam kesenian, atau bisa juga pergi ke luar kota bersama guru-guru. Namun, apapun konsepnya, tentu dibutuhkan panitia agar acara bisa berjalan sukses.

Tugas Panitia Perpisahan Sekolah

Nah, buat kamu yang mau turut berpartisipasi jadi panitia, sudah tahu belum apa saja tugas panitia perpisahan sekolah? Kalau belum, sebaiknya cari tahu dulu yuk di bawah ini, biar nanti ketika pelaksanaannya kamu enggak buta-buta banget. Kuy!

1. Penanggung Jawab

Tugas panitia perpisahan sekolah yang paling utama pastinya adalah sebagai penanggung jawab. Tapi, biasanya posisi ini diisi oleh salah satu guru yang berperan sebagai pembimbing panitia. Tugas dari penanggung jawab sendiri yaitu memastikan kalau semua panitia telah mengemban dan menjalankan fungsinya masing-masing hingga pesta perpisahan sekolah berjalan dan berakhir dengan lancar dengan dibantu oleh ketua panitia yang telah disepakati bersama.

2. Ketua Pelaksana

<
Sebagai ketua pelaksana, biasanya posisi ini memiliki tugas mengkoordinasi segala aktivitas yang berhubungan dengan acara perpisahan sekolah. Ia pun wajib melaporkan segala situasinya kepada Penanggung Jawab, jika hal itu diperlukan. Selain itu, Ketua Pelaksana juga memiliki kuasa penuh atas kewenangan dalam mengambil tindakan-tindakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

3. Sekretaris

Sekretaris memiliki tugas cukup penting dalam jajaran kepanitiaan perpisahan sekolah. Kurang lebih tugas-tugasnya adalah menyiapkan surat keluar dan surat-surat lainnya yang berhubungan dengan panitia pelaksana. Selain itu, Sekretaris juga harus menyiapkan jadwal pelaksanaan kegiatan dan mencatat segala hal penting yang terjadi dalam rapat panitia. Sekretaris bertanggung jawab langsung kepada Ketua Pelaksana.

4. Bendahara

Bendahara memiliki tugas mencatat setiap transaksi dana masuk dan keluar yang telah disetujui. Bukan hanya mencatat, semacam Menteri Keuangan, Bendahara juga memiliki kewajiban mengendalikan anggaran dana untuk setiap kegiatan yang telah disesuaikan budget-nya demi kelancaran keuangan panitia. Selain itu, Bendahara juga wajib membuat laporan tertulis selama proses kegiatan kepada Ketua Pelaksana.

5. Humas

Bisa dibilang, Humas adalah ujung tombak sebuah kegiatan seperti perpisahan sekolah. Hal tersebut dikarenakan tugas Humas yang cukup penting seperti, menyebarluaskan informasi terkait sebuah acara, baik itu melalui media sosial ataupun undangan untuk para peserta acara perpisahan sekolah. Serta yang paling penting adalah mencari sponsor. Humas juga bertanggung jawab langsung kepada Ketua Pelaksana.

Tips Agar Perpisahan Sekolah Sukses

Itulah sekilas mengenai tugas-tugas panitia perpisahan sekolah. Sekarang, Quipper Blog mau bagi-bagi tips biar perpisahan sekolahmu bisa berjalan lancar dan sukses. Yuk, simak!

1. Susunlah Tema dan Konsep Acara

Ini adalah unsur yang paling penting. Tanpa tema dan konsep acara yang jelas, jangan harap acaramu akan sukses berat. Bicaralah dengan seluruh anggota panitia mengenai tema dan konsep apa yang akan dilaksanakan. Biarlah masing-masing orang mengeluarkan idenya supaya Ketua Pelaksana dapat merangkum semua ide dari para anggota dan akhirnya dapat diputuskan tema dan konsep acara yang seperti apakah yang disepakati bersama.

2. Rincikan Anggaran

Ketika kamu memimpikan sebuah pesta perpisahan sekolah yang keren, kamu juga harus realistis tentang anggaran yang ada. Jangan memaksakan mengadakan sebuah acara perpisahan sekolah, sedangkan anggarannya tidak mumpuni.

3. Buatlah Timeline

Agar semua anggota kepanitian mematuhi deadline yang ada, buatlah timeline yang jelas. Kenapa? Supaya orang dapat memastikan kapan mereka dapat merampungkan tugas mereka masing-masing.

4. Jaga Kekompakan dan Teamwork

Dalam membuat sebuah acara, pastinya akan ada bentrokan ide sesama anggota panitia. Namun, hal tersebut sudah biasa. Cepat selesaikan masalah yang ada dan ingatlah goals kalian. Jangan berlarut-larut menyimpan dendam antar teman karena hanya akan memperkeruh suasana.
Quipperian, itulah beberapa contoh tugas kepanitiaan acara perpisahan sekolah yang dapat kamu pelajari, serta sederet tips menyukseskan pesta perpisahan sekolahmu yang dapat kamu jadikan acuan. Jangan lupa follow @quipper_id agar kamu tetap update informasi seputar dunia sekolah dan trivia-trivia menarik yang kamu dan teman-temanmu bisa ikuti.
Sumber:
Penulis: Habsi

Yuk, Menjadi Teladan Disiplin Positif bagi Sesama dan Lingkungan!

Intip Tugas Panitia Perpisahan Sekolah dan Tips Suksesnya! | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)